Kebakaran Gudang di Pondok Bambu, Jakarta Timur, Pemadam Jakarta Kerahkan 18 Unit

Informasi kebakaran ini pertama kali dilaporkan oleh warga yang datang langsung ke Pos Pemadam Kebakaran Duren Sawit.

Jakarta, 5 September 2024—Kebakaran terjadi pada bangunan rendah yang digunakan sebagai tempat penyimpanan furniture eks event di Jalan Laut Arafuru, RT.16/RW.07, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Rabu (4/9) malam. Informasi kebakaran ini pertama kali dilaporkan oleh warga yang datang langsung ke Pos Pemadam Kebakaran Duren Sawit.

Pemadam Jakarta menerima laporan kejadian pada pukul 18.30 WIB dan segera mengerahkan unit dan personel dari Pos Gulkarmat Duren Sawit. Petugas tiba di lokasi dan mulai melakukan operasi pemadaman pada pukul 18.36 WIB. 

Kepala Suku Dinas Gulkarmat Kota Adm. Jakarta Timur, Mochtar Zakaria menyampaikan bahwa petugas pemadam berupaya dengan maskimal agar kebakaran tidak merambat ke pemukiman penduduk, mengingat di sekitar gudang adalah pemukiman penduduk dan rusun. “Kita mengupayakan sebisa mungkin agar tidak terjadi perambatan ke rumah penduduk dan alhamdulillah petugas kami berhasil melokalisir kebakaran pada pukul 19.14 WIB, sehingga tidak merambat ke pemukiman penduduk,” ujar Mochtar. Kemudian, setelah dilokalisir perambatan api, operasi pemadaman masuk ke tahap pendinginan pada 20.20 WIB untuk mengurai material yang mudah terbakar agar tidak menyisakan api maupun asap yang memicu penyalaan api dapat terjadi kembali.

Setelah bekerja keras sepanjang malam, operasi pemadaman dinyatakan selesai pada pukul 00.16 WIB, atau pada Kamis dini hari (5/9). Dalam peristiwa ini, sebanyak 18 unit dan 90 personel dari Suku Dinas Gulkarmat Kota Adm. Jakarta Timur dikerahkan. Menurut keterangan saksi, kebakaran diduga berasal dari percikan api dari aktivitas pengelasan di lokasi tersebut yang menyambar dan membesar ke tumpukan barang-barang yang mudah terbakar. Meski api telah berhasil dipadamkan, proses penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan oleh pihak berwenang untuk memastikan penyebab pasti dari insiden ini. (IA/ZA)