22 Unit Pemadam Jakarta Padamkan Kebakaran di Bukit Duri, Jakarta Selatan

Laporan kebakaran berasal dari seorang warga yang diterima Pemadam Jakarta sekitar pukul 20.09 WIB

Jakarta, 4 September 2024—Kebakaran melanda bangunan rumah tinggal di Jalan Lapangan Ros 3, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, pada Selasa malam (3/9). Laporan kebakaran berasal dari seorang warga yang diterima Pemadam Jakarta sekitar pukul 20.09 WIB.

Menurut informasi, insiden pertama kali diketahui oleh seorang anak kecil yang melihat api dari dalam rumah warga yang penghuninya sedang keluar. Anak tersebut segera melapor kepada ketua RW setempat. Kemudian, laporan diteruskan ke Satgas Gulkarmat Kelurahan Bukit Duri dan Pemadam Jakarta langsung meluncur ke lokasi kejadian.

Operasi pemadaman dimulai pukul 20.19 WIB dan perambatan api berhasil dilokalisir pada pukul 20.40 WIB. Setelah api berhasil dilokalisir, sekitar pukul 20.42 WIB tahap pendinginan pun dilakukan untuk mengurai material yang mudah terbakar agar tidak menyisakan api maupun asap. setelah petugas mengerahkan 22 unit gabungan (21 dari Jakarta Selatan dan 1 unit dari Jakarta Timur), serta 70 personel, operasi pemadaman sepenuhnya dinyatakan selesai pada pukul 21.22 WIB.

Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Imbang Satriana, menyampaikan bahwa dalam peristiwa ini terdapat seorang korban luka. Korban yaitu warga sekitar yang mengalami patah tulang setelah mencoba menyelamatkan diri dengan cara melompat dari lantai dua bangunan rumah. "Beruntung korban masih dapat diselamatkan dan telah mendapatkan penanganan medis," tambah Imbang. Petugas pemadam sempat menghadapi kendala saat melakukan pemadaman terutama karena akses jalan yang sempit dan jauh dari jalan raya. "Namun, kendala tersebut berhasil diatasi dan beruntung kebakaran tidak merambat ke bangunan lain di sekitar lokasi kejadian," pungkasnya. (KR/ZA)