Kebakaran Melanda Rumah Sakit Pusat Pertamina

Pemadam Jakarta segera melakukan operasi pemadaman yang berlangsung mulai pukul 13.40 WIB. Adapun proses pendinginan dilakukan pada pukul 14.30 WIB.

Jakarta, 26 Agustus 2024—Kebakaran melanda Gedung Rumah Sakit Pusat Pertamina yang berlokasi di Jalan Kyai Maja, RT.04/RW.08, Kelurahan Gunung, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Informasi kejadian diterima oleh Command Center Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta melalui sambungan telepon sekitar pukul 13.30 WIB.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Pemadam Jakarta segera melakukan operasi pemadaman yang berlangsung mulai pukul 13.40 WIB. Kemudian, pada 14.15 WIB perambatan api berhasil dilokalisir oleh petugas dan operasi pemadaman masuk ke tahap pendinginan. Adapun proses pendinginan dilakukan pada pukul 14.30 WIB untuk mengurai material yang mudah terbakar agar tidak menyisakan api maupun asap. 

Setelah mengerahkan 20 unit gabungan (18 unit dari Jakarta Selatan dan 2 unit dari Dinas Gulkarmat DKI Jakarta), serta 85 personel, operasi pemadaman dinyatakan selesai pada 15.20 WIB. Menurut informasi, api pertama kali muncul di salah satu ruang perawatan di lantai empat yang sedang direnovasi. 

Kepala Suku Dinas Gulkarmat Kota Adm. Jakarta Selatan, Syamsul Huda yang ditemui di lokasi kejadian mengingatkan bagi para pengelola gedung dapat memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), serta proteksi kebakaran yang berada di gedung, khususnya pada bangunan-bangunan vital atau seperti rumah sakit. “Bagi pengelola gedung agar lebih memperhatikan K3 dan proteksi kebakaran yang ada pada gedung,” tuturnya. 

Dalam kejadian ini dilaporkan tidak ada korban jiwa dan pasien yang sedang melakukan perawatan telah mendapat penanganan yang tepat dari pihak rumah sakit. Adapun terkait dugaan penyebab dalam peristiwa ini masih dalam proses investigasi lebih lanjut dari pihak yang berwenang. (ZA)