Kebakaran Melanda Bangunan Sekolah Dasar Negeri di Pondok Bambu

Jakarta, 23 Juli 2024 – Kebakaran melanda sebuah bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Pondok Bambu yang beralamat di Jalan Gading II, RT.05/RW.11 Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta

Jakarta, 23 Juli 2024 – Kebakaran melanda sebuah bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Pondok Bambu yang beralamat di Jalan Gading II, RT.05/RW.11 Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta


Jakarta, 23 Juli 2024 – Kebakaran melanda sebuah bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Pondok Bambu yang beralamat di Jalan Gading II, RT.05/RW.11 Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Warga yang melihat kejadan tersebut segera menghubungi Pemadam Jakarta untuk meminta bantuan pemadaman. Merespons laporan tersebut, unit dan personel segera dikerahkan menuju lokasi kejadian kebakaran.

Pada pukul 12.20 WIB operasi pemadaman dimulai, kemudian pukul 12.55 WIB petugas Pemadam Jakarta berhasil melokalisir api untuk memastikan tidak terjadi perambatan ke bangunan sekitar.  Setelah itu, pada pukul 13.20 WIB proses pemadaman masuk ke tahap pendinginan untuk mengurai material yang mudah terbakar agar tidak menyisakan api maupun asap yang dapat memicu kebakaran kembali. 

Setelah mengerahkan 18 unit dan 90 personel, operasi pemadaman kebakaran dinyatakan selesai pukul 13.20 WIB. Adapun dampak dari kebakaran ini menghanguskan hampir seluruh bangunan sekolah dasar tersebut. 

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, menyatakan bahwa api pertama kali terlihat di dalam gudang tempat menyimpan peralatan musik. “Setelah itu, api menyebar ke ruang kelas. Total terdapat 18 ruangan kelas yang terdampak” ujar Satriadi.  Dalam kejadian kebakaran ini hingga operasi pemadaman selesai, tidak terdapat korban jiwa maupun luka-luka. 

Dugaan sementara kejadian kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik. Namun, Satriadi menambahkan akan kembali dilakukan investigasi oleh pihak-pihak yang berwenang.  “Penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan untuk memastikan penyebab pasti kebakaran,” paparnya. 

Selain itu, Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, mengimbau kepada seluruh sekolah untuk lebih memperhatikan kembali sarana dan prasarana proteksi kebakaran. “Minimal di setiap ruangan atau lantai tersedia Alat Pemadam Api Ringan (APAR),” pungkasnya. Terakhir, kepada masyarakat jangan ragu apabila terjadi kebakaran atau situasi darurat, segera hubungi layanan Jakarta Siaga 112, melalui Aplikasi JAKI, atau mendatangi pos pemadam kebakaran terdekat. Pemadam Jakarta selalu siaga 24 jam untuk melayani warga Jakarta dan gratis.(IR/UM)

 

Hubungan Masyarakat
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Laman: pemadam.jakarta.go.id
X: twitter.com/humasjakfire
Instagram: instagram.com/humasjakfire
Facebook: facebook.com/pemadamjkt
TikTok: tiktok.com/pemadam.jakarta
YouTube: Pemadam Jakarta