Sunter Jaya Raih Penghargaan Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi

Pemenang lomba kelurahan tingkat provinsi yaitu Kelurahan Sunter Jaya, Jakarta Utara

Pemenang lomba kelurahan tingkat provinsi yaitu Kelurahan Sunter Jaya, Jakarta Utara


Jakarta, 1 Juli 2024—Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menghadiri dan memberikan penghargaan lomba kelurahan di tingkat provinsi tahun 2024. Acara tersebut dilakukan di Flix Cinema, Mall of Indonesia (MOI), Kelapa Gading Jakarta Utara, pada Kamis (27/6). Adapun para pemenang lomba kelurahan tingkat provinsi yaitu, juara pertama Kelurahan Sunter Jaya, Jakarta Utara, lalu juara kedua Kelurahan Cikoko, Jakarta Selatan, dan juara ketiga Kelurahan Cipayung, Jakarta Timur. 

Sebanyak enam kelurahan dari 267 kelurahan yang ikut telah diseleksi mulai dari tingkat kecamatan sampai tingkat provinsi. Terdapat tiga kategori penilaian dalam lomba kelurahan tingkat provinsi yaitu bidang pemerintahan, kesejahteraan, dan ekonomi dan pembangunan. Terkait pencegahan kebakaran masuk ke dalam bidang pemerintahan, sebab salah satu program pemerintah ialah mewujudkan rasa aman dan nyaman dari bahaya kebakaran. 

Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kelurahan Sunter Jaya, Rangga Riswanto, menyampaikan program yang Ia lakukan terkait pencegahan kebakaran dan peningkatan kepedulian masyarakat akan bahaya kebakaran di kelurahan Sunter Jaya yaitu; 1) Melakukan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran, 2) Melakukan pembentukan Relawan Pemadaman Kebakaran (REDKAR), 3) Memiliki peta risiko rawan kebakaran di tingkat kelurahan yang terintegrasi dengan aplikasi E-Satgas, 4) Memiliki rencana operasi kebakaran di tiap RW berdasarkan zona.

 

Rangga menyampaikan, apa yang telah Ia lakukan atas dukungan dari Lurah Sunter Jaya, Eka Persilian Yeluma. “Pak lurah selalu mendukung, sehingga kegiatan terkait pencegahan kebakaran di Kelurahan Sunter Jaya, selalu berjalan dengan baik,” ungkapnya. Ia juga menyampaikan, saat ini Kelurahan Sunter Jaya sedang bersiap untuk melaju ke lomba kelurahan di tingkat nasional. 

Selain berharap memenangkan lomba di tingkat nasional, Rangga berharap, masyarakat Kelurahan Sunter Jaya semakin peduli terhadap bahaya kebakaran, dengan selalu memperhatikan instalasi listrik, menggunakan instalasi listrik sesuai standar, tidak membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan yang dapat mengakibatkan kebakaran, serta tidak meninggalkan kompor saat memasak dan matikan kompor saat akan meninggalkan rumah.

Kepedannya Rangga juga mengatakan akan berupaya memasifkan sosialisasi cegah kebakaran kepada masyarakat. “Saya berupaya untuk melakukan sosialisasi di tengah-tengah kegiatan kolektif yang dilakukan oleh masyarakat, seperti saat ada perkumpulan Karang Taruna dan lain sebagainya. Hal itu juga akan membuat masyarakat semakin mengenal saya dan tidak ragu untuk meminta layanan Pemadam Kebakaran,” ujar Rangga. (UM)