Suku Dinas Gulkarmat Kota Adm. Jakarta Pusat Gelar Skill Kompetisi Antarsektor

Jakarta, 13 Juni 2024—Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Adm. Jakarta Pusat menggelar Skill Kompetisi Antarsektor Se-Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapsiagaan para petugas dalam

Jakarta, 13 Juni 2024—Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Adm. Jakarta Pusat menggelar Skill Kompetisi Antarsektor Se-Jakarta Pusat. 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapsiagaan para petugas dalam menghadapi situasi darurat kebakaran, serta memperkuat kerjasama antarsektor di wilayah Jakarta Pusat. Adapun kategori perlombaan yang digelar yaitu Braveheart Challenge yang bertumpu pada kemampuan fisik personel.

Kompetisi yang digelar di lapangan Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat ini, diikuti oleh 9 tim yang terdiri atas 8 perwakilan sektor kecamatan di wilayah Jakarta Pusat dan 1 tim dari Seksi Operasi. Dalam sambutannya, Kepala Suku Dinas Gulkarmat Kota Adm. Jakarta Pusat, Asril Rizal, menekankan pentingnya kompetisi tersebut sebagai wadah untuk mengasah kemampuan teknis dan mental para petugas dalam menangani situasi kebakaran dan penyelamatan. Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar sebagai momen unutk uji coba di tingkat wilayah, sebelum nantinya akan bertanding di tingkat provinsi dalam perlombaan Jakarta Fire Fighters Challenge (JFFC) Tahun 2024, yang akan digelar oleh Dinas Gulkarmat DKI Jakarta.

Asril juga menambahkan bahwa perwakilan dari Jakarta Pusat optimis untuk mendapat gelar juara pada tahun ini. “Dari awal kami sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan berlatih bersama instruktur terbaik yang kami miliki, tentunya dengan latihan yang gigih dan serius, kami yakin untuk mencapai prestasi di tingkat provinsi,” ujarnya. Kemudian, Ia juga berharap melalui kompetisi ini, para peserta dapat terus meningkatkan keterampilan, serta membangun sinergi yang lebih kuat antarsektor di wilayah Jakarta Pusat. 

Dengan terselenggaranya Skill Kompetisi Antarsektor Se-Jakarta Pusat ini, diharapkan semakin banyak inisiatif serupa yang dapat dilakukan untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan dan keterampilan petugas pemadam kebakaran di Jakarta. Ajang ini juga menjadi bukti nyata komitmen Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat dalam melayani dan menjaga keamanan, serta keselamatan warga Jakarta. (ZA)