Skill Kompetisi Antarsektor di Tingkat Suku Dinas Gulkarmat Kota Adm. Jakarta Barat Digelar

Jakarta, 12 Juni 2024—Suku Dinas Penanggualangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Adm. Jakarta Barat menggelar Skill Kompetisi Antarsektor Se-Jakarta Barat. Acara berlangsung di halaman kantor Sudin Gulkarmat Jakarta Barat dan

Jakarta, 12 Juni 2024—Suku Dinas Penanggualangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Adm. Jakarta Barat menggelar Skill Kompetisi Antarsektor Se-Jakarta Barat. Acara berlangsung di halaman kantor Sudin Gulkarmat Jakarta Barat dan diikuti sebanyak 19 tim yang terdiri atas 16 tim dari 8 sektor dan 3 tim yang berasal dari Seksi Operasi.

Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapsiagaan para petugas dalam menangani situasi darurat kebakaran, serta memperkuat kerja sama tim antarsektor. Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan turut hadir dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kompetisi ini. "Skill Kompetisi merupakan ajang penting untuk memastikan kesiapsiagaan, keterampilan, dan profesionalitas para petugas pemadam kebakaran agar selalu dalam kondisi terbaik. Ini adalah salah satu bentuk pelayanan prima dari petugas pemadam kebakaran. Saya sangat mengapresiasi inisiatif ini," ucap Satriadi. Kehadiran beliau memberikan motivasi tambahan bagi para peserta untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

Plt. Kepala Suku Dinas Gulkarmat Kota Adm. Jakarta Barat, Budi Haryanto, menambahkan bahwa kompetisi ini menjadi ajang pemanasan bagi perwakilan wilayah Jakarta Barat untuk mengikuti kompetisi serupa di tingkat provinsi yang akan diselenggarakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kebakaran (Pusdiklatkar) Ciracas, pada 19—27 Juni mendatang. "Acara ini juga dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan para petugas untuk tampil di acara serupa yang dilaksanakan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta untuk seluruh sektor se-Jakarta,” ujarnya. Untuk itu, Ia berharap para petugas dapat meningkatkan keterampilan dan kesiapan mereka untuk bersaing di ajang yang lebih besar.

Seluruh peserta yang berasal dari berbagai sektor di wilayah Jakarta Barat menunjukkan antusiasme yang tinggi selama kompetisi berlangsung. "Kompetisi ini tidak hanya menjadi ajang untuk bersaing, tetapi juga kesempatan untuk belajar dan bertukar pengalaman antarpetugas," ungkap salah satu peserta. Atmosfer kompetisi yang penuh semangat ini menjadi bukti komitmen para petugas dalam meningkatkan kemampuan mereka. Dengan terselenggaranya Skill Kompetisi, diharapkan kemampuan dan kesiapsiagaan para petugas pemadam kebakaran di Jakarta Barat semakin meningkat, sehingga mereka siap menghadapi berbagai tantangan di lapangan. Kompetisi ini juga diharapkan dapat menjadi agenda rutin yang akan terus diselenggarakan setiap tahun untuk memastikan standar kesiapan dan profesionalisme yang tinggi di kalangan petugas pemadam kebakaran. (IA/ZA)