Tingkatkan Kapasitas Personel, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Gelar Bimtek Water Rescue Scuba

Jakarta, 4 Juni 2024—Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan bimbingan teknis di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kebakaran (Pusdiklatkar) Ciracas, Jakarta Timur. Bimbingan teknis ini bertujuan untuk

Jakarta, 4 Juni 2024—Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan bimbingan teknis di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kebakaran (Pusdiklatkar) Ciracas, Jakarta Timur. Bimbingan teknis ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam operasi penyelamatan di air. Sebanyak 30 peserta yang berasal dari Bidang Operasi Dinas Gulkarmat DKI Jakarta mengikuti pelatihan dengan giat dan antusias.

Kepala Seksi Operasi Penyelamatan, Edi Sucipto menjelaskan bahwa pelatihan ini adalah bagian dari usaha Dinas Gulkarmat DKI Jakarta untuk memastikan personelnya siap dan sigap dalam merespons keadaan darurat khususnya di dalam air. "Program ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memastikan kesiapan dan keterampilan personel dalam menghadapi berbagai situasi darurat, khususnya yang melibatkan operasi penyelamatan di air," ujar Edi.

Untuk bulan berikutnya, program bimbingan teknis ini akan diikuti oleh 40 personel yang terdiri dari personel tingkat Suku Dinas (Sudin) dan Bidang Operasi. Peningkatan jumlah peserta ini adalah upaya dan komitmen Dinas Gulkarmat DKI Jakarta dalam memperluas jangkauan pelatihan dan memperkuat kapasitas operasional di seluruh wilayah Jakarta. 

Latihan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis, tetapi juga untuk memperkukuh koordinasi antarunit dan memastikan standar operasional prosedur (SOP) yang tinggi dalam setiap operasi penyelamatan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para personel di lapangan dalam menangani situasi kedaruratan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. (IA/ZA)