Sudin Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Selatan Gelar Lomba Operator Unit Pompa dan Pengoprasian Pompa Portabel

Rabu, 29 Mei 2024—Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta menggelar Lomba Operator Unit Pompa dan Pengoprasian Pompa Portabel. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Kantor Sudin Gulkarmat Kota

Rabu, 29 Mei 2024—Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Selatan menggelar Lomba Operator Unit Pompa dan Pengoprasian Pompa Portabel. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Kantor Sudin Gulkarmat Kota Jakarta Selatan. Adapun peserta lomba ialah perwakilan tiap Sektor Sudin Gulkarmat Kota Jakarta Selatan. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sudin Gulkarmat Kota Jakarta Selatan, Syamsul Huda, beserta jajaran,  Kepala Seksi Kerja Sama dan Kehumasan Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Mochamad Arief, dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan. Pada kesempatan ini, Kepala Sudin Gulkarmat Kota Jakarta Selatan meresmikan langsung lomba tersebut. Dalam sambutannya Ia menyampaikan, lomba ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan para petugas di Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan. 

Kebakaran hebat melanda pemukiman padat penduduk

Selain itu, Ia juga menyampaikan beberapa tujuan lainnya dari kegiatan ini, pertama untuk mengukur keterampilan operator untuk mengemudi dan mengoperasikan unit pompa; kedua mengukur keterampilan petugas dalam mengoperasikan pompa portabel; ketiga mengukur kecepatan petugas dalam proses pemadaman; keempat mengukur kemampuan kepala regu dalam memimpin proses pelaksanaan pemadaman. 

Kemudian, Syamsul juga menyampaikan pesan khususnya para juri untuk benar-benar objektif dalam melakukan penilaian. “Saya juga minta sekaligus nanti diberi catatan terkait kekurangan-kekurangan dari peserta. Sebab ini bukan hanya perlombaan tapi juga pembinaan,” ungkapnya.

Setelah acara resmi dibuka, perlombaan dimulai dengan mempertandingkan 10 Sektor Gulkarmat di seluruh Jakarta Selatan. Terdapat beberapa indikator penilian yang dilakukan tim juri dianataranya, penialaian pengemudi, pengoperasian unit pompa, pengoperasian panel pompa, pengoperasian pompa portable, proses pemadaman, dan kecepatan waktu. Setelah tim juri berunding, hasil Lomba Operator Unit Pompa dan Pengoprasian Pompa Portabel di Sudin Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Selatan ialah, juara 1 dimenangkan oleh Sektor Pancoran, kemudian juara 2 dari Sektor Cilandak, lalu juara 3 diraih oleh Sektor Kebaypran Lama, dan juara harapan 1 dari Sektor Tebet. 

Kepala Sudin Gulkarmnat Kota Administrasi Jakarta Selatan, Syamsul Huda menyampaikan selamat kepada para pemenang dan Ia juga mengapresiasi seluruh peserta yang telah berjuang. Ia berharap seluruh peserta yang bertanding bisa membagikan ilmunya agar seluruh personel dapat menggunakan alat pompa portable. (UM)