Kebakaran Hanguskan 14 Rumah di Kelurahan Kota Bambu Utara, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat

Jakarta, 27 Mei 2024—Kebakaran hebat melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Kota Bambu Utara IV, Kelurahan Kota Bambu Utara, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Peristiwa kebakaran tersebut diduga akibat korsleting listrik

Jakarta, 27 Mei 2024—Kebakaran hebat melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Kota Bambu Utara IV, Kelurahan Kota Bambu Utara, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Peristiwa kebakaran tersebut diduga akibat korsleting listrik yang menghanguskan 14 rumah tinggal dan 1 musala. Peristiwa ini dilaporkan tidak menimbulkan korban jiwa ataupun korban luka.

Kejadian pertama kali dilaporkan oleh warga sekitar TKP pada pukul 13.43 WIB, setelah melihat asap dari atap salah satu rumah. Merspons laporan tersebut, Pemadam Jakarta dari Sektor Palmerah segera dikerahkan menuju lokasi kejadian dan tiba pada 13.55 WIB. Operasi pemadaman dimulai pada pukul 13.56 WIB. Kemudian, api berhasil dilokalisir perambatannya pada 14.20 WIB, lalu disusul proses pendinginan pada pukul 14.23 WIB untuk memastikan tidak ada sisa-sisa api yang dapat menyebabkan api kembali muncul.

Setelah mengerahkan 18 unit dan 90 personil, operasi pemadaman seluruhnya dinyatakan selesai pada pukul 15.59 WIB. Menuturkan informasi dari Perwira Piket Abdul Syukur, alam upaya pemadaman api, para petugas sempat menghadapi kendala karena lokasi kejadian yang berada di pemukiman padat dan sumber air yang jauh. "Sumber air yang jauh dan lokasi di pemukiman padat penduduk mempersulit akses dan proses pemadaman," ujar Syukur. Adapun sebanyak 13 kepala keluarga dengan total 45 jiwa terdampak akibat dari peristiwa kebakaran ini. Saat ini para korban ditampung sementara di Pos RW.06.

Kebakaran hebat melanda pemukiman padat penduduk

Selain itu, Abdul Syukur juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam menggunakan peralatan listrik, "Salah satu penyebab terbanyak kebakaran di Jakarta adalah korsleting listrik. Untuk itu, kami mengimbau agar masyarakat dapat lebih memperhatikan keamanan instalasi listrik di rumah masing-masing," tambahnya. Kejadian ini semoga menjadi pengingat bagi semua pihak akan pentingnya kesigapan dan kewaspadaan terhadap potensi bahaya kebakaran di rumah. (IA/ZA)