Empat Kios Terbakar, Pemadam Jakarta Kerahkan 10 Unit dan 40 Personel

Operasi pemadaman selesai pada pukul 11.15 WIB, dengan pengerahan total 10 unit mobil dan 40 personel. Saksi kejadian mengatakan api dengan cepat melahap ruko yang didominasi oleh material mudah terbakar.

Jakarta, Senin, 27 Mei 2024—Kebakaran melanda empat kios di Jalan Perserikatan, Kelurahan Jati, Kecamatan Pulogadung, (titik kenal di depan Terminal Rawamangun). Warga yang melihat kejadian tersebut langsung menghubungi Pemadam Jakarta untuk memadamkan api laporan tersebut, Pemadam Jakarta Sektor Pulogadung segera mengerahkan unit dan personel ke lokasi kejadian.

Petugas Pemadam Jakarta tiba di lokasi pukul 10.56 WIB, setibanya di lokasi kejadian api sudah membesar dan melahap beberapa bangunan kios. Petugas pun segera melakukan operasi pemadaman, kemudian hanya dalam satu menit, api berhasul dilokalisir perambatannya. Setelah itu, proses pemadaman masuk ke tahap pendinginan untuk mengurai material yang mudah terbakar agar tidak menyisakan api maupun asap. Setelah dinyatakan padam, situasi pun kembali terkendali dan tidak ada ancaman kebakaran lebih lanjut. Operasi pemadaman selesai pada pukul 11.15 WIB, denganpengerahan total 10 unit mobil dan 40 personel.

Saksi kejadian mengatakan api dengan cepat melahap ruko yang didominasi oleh material mudah terbakar. Namun, berkat kesigapan warga dan petugas Pemadam Jakarta dalam kejadian ini tidak terdapat korban jiwa.

Perwira piket Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta, Suroto Asmoro Putro menyampaikan dalam proses pemadaman tidak banyak kendala yang dialami. Ia juga mengapresiasi warga sekitar yang sangat kooperatif dan mengarahkan lalu lintas sehingga mobil pemadam bisa cepat mencapai lokasi.

Kemudian ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada akan bahaya kebakaran. Apabila terjadi kebakaran atau situasi darurat, segera hubungi layanan Jakarta Siaga 112, melalui Aplikasi JAKI, atau mendatangi pos pemadam kebakaran terdekat. Pemadam Jakarta selalu siaga 24 jam untuk melayani warga Jakarta dan gratis.(IR/UM)