Kebakaran Rumah dan Tempat Usaha di Krendang, 110 Personel Dikerahkan

Jakarta, 23 Mei 2024—Kebakaran melanda bangunan rumah tinggal dan tempat usaha di Jalan Krendang Raya Nomor 11B, Kelurahan Krendang, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat pada dini hari ini (23/5). Informasi diterima

Jakarta, 23 Mei 2024—Kebakaran melanda bangunan rumah tinggal dan tempat usaha di Jalan Krendang Raya Nomor 11B, Kelurahan Krendang, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat pada dini hari ini (23/5). Informasi diterima setelah warga sekitar mendatangi Pos Krendang, Jakarta Barat untuk meminta bantuan pemadaman api.

Unit dan personel Pemadam Jakarta segera diluncurkan menuju ke lokasi kejadian. Setibanya di lokasi, proses pemadaman mulai beroperasi pukul 05.06 WIB. Setelah berusaha mengendalikan dan menghambat perambatan api yang menyebar dengan cepat di bangunan tersebut, pukul 05.45 WIB Pemadam Jakarta berhasil melokalisir area kejadian. Kemudian, pada pukul 06.00 WIB, operasi pemadaman masuk ke tahap pendinginan area dengan cara mengurai material yang mudah terbakar agar tidak menyisakan api maupun asap. Setelah berjibaku dengan api selama kurang lebih dua jam, operasi pemadaman berhasil dinyatakan selesai secara aman dan terkendali.

Kepala Sektor Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kecamatan Tambora, Joko Susilo, menyampaikan bahwa kebakaran ini terjadi di wilayah padat penduduk, sehingga perambatan tidak bisa dihindari. “Untuk kebakaran ini, kita mengerahkan cukup banyak, yaitu 22 unit dan 110 personel, karena wilayah padat penduduk, sehingga dikhawatirkan perambatan makin meluas. Adapun unit dan personel dari Jakarta Barat sebanyak 13 unit, dari Dinas (Gulkarmat) 2 unit, dan 2 unit dari Jakarta Pusat,” ujarnya.

Menurut keterangan sementara, kebakaran ini diduga akibat kebocoran instalasi tabung gas dari salah satu kios tempat usaha makanan. Namun, investigasi menyeluruh untuk memastikan penyebab kebakaran akan diselidiki lebih lanjut oleh pihak yang berwenang. Dalam insiden ini, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, namun 2 rumah dan 4 tempat usaha terdampak dan mengalami kerugian materiil. Beberapa warga setempat yang menyaksikan kejadian ini menyampaikan rasa prihatin dan berharap agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Joko Susilo yang berada di lokasi kejadian mengimbau kepada warga sekitar untuk waspada terhadap potensi kebakaran di rumah maupun tempat usaha dengan melakukan perawatan rutin pada kondisi instalasi tabung gas, agar selalu terjaga dalam kondisi baik dan siap pakai. Selain itu, Ia juga menyampaikan jika ada potensi bahaya yang terdeteksi di lingkungan sekitar, segera laporkan dengan menghubungi layanan Jakarta Siaga 112, melalui Aplikasi JAKI, atau mendatangi pos pemadam kebakaran terdekat. Pemadam Jakarta selalu siaga 24 jam untuk melayani warga Jakarta tanpa dipungut biaya apapun/gratis.(RN)