Upacara Peringatan HUT Ke-74 Tahun Satpol PP dan HUT Ke-62 Tahun Satlinmas DKI Jakarta

Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Tahun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan HUT Ke-62 Tahun  Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) DKI Jakarta

Jakarta, 17 Mei 2024—Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Tahun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan HUT Ke-62 Tahun  Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) DKI Jakarta. Acara yang bertema "Peran Serta Satpol PP dan Satlinmas dalam Menciptakan Trantribumlinmas Mendukung Pemilu dan Pilkada 2024" ini berlangsung di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, pada Jumat pagi.

Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, memimpin upacara tersebut dan dalam pidatonya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kinerja Satpol PP dan Satlinmas. Beliau menekankan peran krusial kedua satuan ini dalam menjaga ketertiban dan keamanan, khususnya selama proses pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah (pilkada). "Keberhasilan seluruh tahapan pemilihan presiden, wakil presiden, dan pemilihan legislatif telah berlangsung dengan aman, tertib, dan damai adalah wujud kerja keras Satpol PP bersama seluruh jajaran penyelenggara pemilu, TNI/Polri, perangkat daerah, dan elemen organisasi masyarakat," ungkap Heru Budi Hartono dalam pidatonya.

Tema tahun ini berfokus pada peran Satpol PP dan Satlinmas dalam menciptakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat (trantribumlinmas) untuk mendukung pemilu dan pilkada 2024, menyoroti pentingnya sinergi antara berbagai instansi dan organisasi dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pelaksanaan pesta demokrasi.

 

 

Acara ini dimeriahkan oleh penampilan tari kolosal yang dilakukan oleh personel Satpol PP dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Betawi, Bali hingga Papua. Budi Hartono juga menegaskan komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk terus mendukung dan meningkatkan kapasitas Satpol PP dan Satlinmas dalam menjalankan tugas mereka. Dinas Gulkarmat DKI Jakarta juga mengirimkan Korps Musik untuk berpartisipasi dalam mengiringi Tim Genderang Sangkakala dan paduan suara dalam upacara tersebut.

Kehadiran Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan menunjukkan sinergi antarlembaga dalam mendukung pelaksanaan tugas Satpol PP dan Satlinma sekaligus sebagai peringatan dan ajang refleksi bagi seluruh pihak yang terlibat, untuk terus berupaya menciptakan lingkungan yang aman, tertib, dan kondusif, terutama menjelang pelaksanaan pemilu dan pilkada 2024. (IA/ZA)