Pemadam Jakarta Berhasil Padamkan Kebakaran Rumah di Kedoya Selatan

Kamis, 25 April 2024—Sebuah rumah tinggal di Jalan Surya Sarana, RT 01/05, Komplek Taman Surya, Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk terbakar pada pagi hari tadi. Kepala Sektor (Kasektor) Penanggulangan Kebakaran

Kamis, 25 April 2024—Sebuah rumah tinggal di Jalan Surya Sarana, RT 01/05, Komplek Taman Surya, Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk terbakar pada pagi hari tadi. Kepala Sektor (Kasektor) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kecamatan Kebon Jeruk, Muhamad Amin, mengatakan menerima informasi kebakaran dari warga pada Pukul 04:40 WIB.

“Kami sampai lokasi kebakaran pada pukul 04:45 WIB, kemudian operasi pemadaman dimulai sekitar Pukul 04:47 WIB,” ujarnya. Ia melanjutkan, Pemadam Jakarta melokalisir api agar tidak terjadi perambatan ke bangunan sekitar rumah. Setelah api berhasil dilokasiri, pada pukul 05.21 WIB proses pemadaman masuk ke tahap pendinginan untuk mengurai material yang mudah terbakar agar tidak menyisakan api ataupun asap. Kemudian, pukul 06.33 WIB operasi pemadaman dinyatakan selesai dengan pengerahan total 14 unit dan 70 personel. “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan kebakaran diduga karena korsleting listrik,” ungkap Amin.

Muhammad Amin dan jajaranya secara berkala terus menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pemeriksaan instalasi listrik secara berkala dan mengganti alat kelistrikan apabila sudah rusak atau tidak sesuai standar SNI. “Supaya kejadian kebakaran akibat korsleting listrik dapat diminimalisir,” tutupnya.

Terakhir Amin menyampaikan terdapat kendala yang dihadapi saat proses pemadaman yaitu, api sudah dalam keadaan membesar. Untuk itu, Ia menghimbau kepada masyarakat jika terjadi kebakaran atau situasi darurat, segera hubungi layanan Jakarta Siaga 112, melalui Aplikasi JAKI, atau mendatangi Pos Pemadam Kebakaran terdekat. “Jangan ragu, Pemadam Jakarta selalu siaga 24 jam untuk warga Jakarta dan layanan kami gratis,” tutupnya. (IA/UM)