Kebocoran Tabung Gas Elpiji Diduga Menjadi Penyebab Kebakaran Sebuah Rumah di Pulogadung, Jakarta Timur

Dinas Gulkarmat Kota Admnistrasi Jakarta Timur berhasil memadamkan kebakaran sebuah rumah tinggal yang berlokasi di Jalan Pulomas Barat

Selasa, 23 April 2024—Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Admnistrasi Jakarta Timur berhasil memadamkan kebakaran sebuah rumah tinggal yang berlokasi di Jalan Pulomas Barat, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur pada (23/4). Kepala Sektor Gulkarmat Kecamatan Pulogadung, Kuslani menjelaskan bahwa petugasnya tiba di lokasi kebakaran sekitar pukul 15.40 WIB dengan pengerahan awal 3 unit dan 15 personel.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Pemadam Jakarta segera meluncur ke TKP dan operasi pemadaman mulai dilakukan sekitar pukul 15.41 WIB. Api berhasil dilokalisir perambatannya pada pukul 16.04 WIB. Kemudian, operasi pemadaman dilanjutkan dengan tahap pendinginan pada 16.17 WIB, untuk mengurai material yang mudah terbakar agar tidak menyisakan api maupun asap. “Setelah mengerahkan 11 unit dan melibatkan 55 personel, operasi pemadaman dinyatakan selesai pukul 17.01 WIB. Dengan pengerahan sumber daya yang efektif, Pemadam Jakarta berhasil memadamkan api dengan terkendali,” ungkap Kuslani. Ia juga menambahkan bahwa penyebab kebakaran diduga karena adanya kebocoran tabung gas elpiji di bagian dapur. “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," tambahnya.

Lebih lanjut, Kuslani juga menekankan pentingnya kesigapan dan koordinasi yang baik dalam menangani kejadian darurat seperti kebakaran. Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bahaya kebakaran di lingkungan rumah tinggal dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan. Dinas Gulkarmat DKI Jakarta siap memberikan bantuan dan dukungan dalam situasi-situasi darurat untuk menjaga keselamatan dan keamanan warga Jakarta. Apabila terjadi kebakaran atau situasi darurat, segera hubungi layanan Jakarta Siaga 112, melalui Aplikasi JAKI, atau mendatangi pos pemadam kebakaran terdekat. Pemadam Jakarta selalu siaga 24 jam untuk melayani warga Jakarta dan gratis. (IA/ZA)