Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta Raih Penghargaan Zakat Terbaik Tahun 2023

Dalam rangka memfasilitasi penunaian dan penyaluran Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Badan Zakat Amil Nasional BAZNAS (BAZIS) menggelar kegiatan Ramadan Memerdekakan.

Dalam rangka memfasilitasi penunaian dan penyaluran Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Badan Zakat Amil Nasional BAZNAS (BAZIS) menggelar kegiatan Ramadan Memerdekakan.


(Selasa, 26 Maret 2024)—Dalam rangka memfasilitasi penunaian dan penyaluran Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Badan Zakat Amil Nasional BAZNAS (BAZIS) menggelar kegiatan Ramadan Memerdekakan: Merdekanya, Mustahik, Berkahnya Muzaki, yang diselenggarakan di Gedung Balaikota DKI Jakarta. Kegiatan dihadiri langsung oleh Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, beserta jajaran, Direktur Utama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), serta pengusaha dan pemangku kepentingan di DKI Jakarta. 

Dalam acara tersebut, Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama Ketua BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta, Akhmad H. Abubakar menyerahkan penghargaan kepada delapan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atas dedikasi dan keberhasilan dalam menghimpun dana ZIS di tahun 2023. Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta menjadi salah satu SKPD yang meraih penghargaan dalam kategori Zakat Terbaik tingkat SKPD Tahun 2023. Selain Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, terdapat tujuh penghargaan lain yang turut diberikan yaitu:

Walikota Administrasi Jakarta Timur sebagai Wilayah Pengumpul ZIS Terbanyak tingkat wilayah kota;

Walikota Administrasi Jakarta Utara sebagai Wilayah Pertumbuhan Terbaik tingkat wilayah kota;

Satpol PP Provinsi DKI Jakarta sebagai Pengumpul ZIS Terbanyak tingkat SKPD;

Perumda PAM Jaya sebagai Inovasi Zakat Terbaik tingkat BUMD; 

Bank DKI sebagai Mitra Strategis Tahun 2023;

Camat Kebayoran Baru sebagai Pengumpul ZIS Terbanyak tingkat Kecamatan diperoleh; dan

Lurah Kayu Putih Jakatra Timur sebagai Pengumpul ZIS Terbanyak tingkat Kelurahan diperoleh.

Pada kesempatan ini, BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta juga menyerahkan penyaluran ZIS kepada Bedah Rumah, penghafal quran, beasiswa Masa Depan Jakarta (MDJ), dan beasiswa untuk santri disabilitas. Kemudian, Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyampaikan rasa syukur karena Ia beserta ASN Provinsi DKI Jakarta telah menjalankan kewajiban sebagai umat muslim untuk menunaikan ZIS. Kemudian Heru berharap, melalui BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta, dana ZIS yang terkumpul dapat dikelola secara profesional dan amanah. “Sehingga dapat memberikan dampak baik dalam mewujudkan kesejahteraan umat khususnya di Provinsi DKI Jakarta,” ungkap Heru.

Dalam sambutannya, Ketua BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta, Akhmad H. Abubakar juga menyampaikan pada 2023 BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta berhasil mengumpulkan dana ZIS sebesar Rp247.937.273.312 dan penyaluran ZIS sebesar Rp241.870.371.264 dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 3.035.154 orang. Untuk itu, Akhmad H. Abubakar mengatakan sesuai dengan tema tahun ini, yakni 'Ramadan Memerdekakan', Ia mengajak para muzaki untuk semakin yakin bahwa dengan berzakat bisa membantu kaum urban di perkotaan yang kurang mampu. “Berzakat juga dapat memberikan kesempatan untuk mereka bergerak maju memberdayakan diri dan merdeka dari jeratan kemiskinan," pungkasnya.