Peresmian Pos REDKAR: Masyarakat Krendang dan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satu Komando dalam Penanggulangan Kebakaran

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta meresmikan pos relawan pemadam kebakaran (REDKAR) di lingkungan RW.07, Kelurahan Krendang, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta meresmikan pos relawan pemadam kebakaran (REDKAR) di lingkungan RW.07, Kelurahan Krendang, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.


Jakarta, 5 Maret 2024—Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kebakaran di wilayah Tambora, Jakarta Barat, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta meresmikan pos relawan pemadam kebakaran (REDKAR) di lingkungan RW.07, Kelurahan Krendang, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Peresmian pos REDKAR ini dilakukan secara langsung oleh Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan.

Dalam sambutannya, Al Barkah selaku Lurah Krendang, mengucapkan terima kasih atas hadirnya pos REDKAR di Kelurahan Krendang. Beliau juga menyatakan komitmennya untuk mendukung kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat kesiagaan dalam menghadapi kejadian kebakaran. Kemudian, Barkah juga berharap dengan keberadaan Pos REDKAR di Krendang ini dapat terus bersinergi dan membuat wilayah aman dari bahaya kebakaran. "Kami berharap dapat bersinergi dengan baik dalam mengendalikan situasi, dengan bantuan fire motorcycle yang telah diberikan, semoga wilayah kami selalu aman dari kebakaran," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Satriadi Gunawan juga menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif masyarakat dalam membentuk REDKAR. Selain itu, Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan pihak-pihak terkait, khususnya jajaran di Kelurahan Krendang dan Kecamatan Tambora. "Wilayah Tambora ini memiliki frekuensi kebakaran tinggi terhadap bahaya kebakaran, sehingga berisiko terhadap pemukiman atau rumah yang memang menjadi tempat usaha. Pos relawan ini hadir dan menjadi garda terdepan untuk menghadapi situasi tersebut," tutur Satriadi.

Pada acara peresmian juga dilakukan demonstrasi pemadaman kebakaran oleh REDKAR Kecamatan Tambora. Mereka menunjukkan keahlian dan ketangguhan dalam upaya pemadaman kebakaran dini, seperti pemadaman api menggunakan karung goni dan APAR, serta penggunaan fire motor. Saman Riyadi selaku Satuan Tugas Gulkarmat Kelurahan Krendang dalam kesempatan ini juga menjelaskan bahwa Pos REDKAR Tambora didukung oleh 12 anggota relawan yang telah menjalani pelatihan untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran. "Saya berharap dengan diresmikannya pos ini, tentu dapat mencegah, meminimalisir, dan mengurangi risiko kebakaran yang lebih besar," ungkapnya.

Pos REDKAR di Kelurahan Krendang dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung untuk kegiatan untuk sosialisasi dan simulasi penanggulangan kebakaran, seperti alat pemadam api ringan (APAR) dan fire motorcycle. Dengan hadirnya Pos REDKAR di Kelurahan Krendang, Kecamatan Tambora, masyarakat diharapkan dapat lebih siap dalam menghadapi dan bahaya kebakaran. Dukungan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta menjadi kunci keberhasilan dalam masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran di wilayah Tambora, Jakarta Barat. Semoga sinergi antarpemerintah dan masyarakat ini dapat terus dilakukan, sehingga wilayah Tambora dapat aman dan terhindar dari ancaman kebakaran. (IA/ZA)