Pemadam Jakarta Berhasil Padamkan Kapal Terbakar di Perairan Pulau Pemagaran

Kebakaran terjadi di perairan barat Pulau Pemagaran pada Minggu sore, sebuah kapal ludes dilahap si jago merah.

Jakarta, 10 Maret 2024—Kebakaran terjadi di perairan barat Pulau Pemagaran pada Minggu sore, sebuah kapal ludes dilahap si jago merah.

Berdasarkan laporan yang diterima dari warga, kapal tersebut mengalami kebakaran di Perairan Barat Pulau Pamagaran, Kelurahan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu. Menindaklanjuti informasi tersebut, Petugas Pemadam Sektor Kepualuan Seribu Selatan segera menunju ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

Operasi pemadaman dimulai pukul 16.56 WIB, kemudian pukul 18.10 WIB petugas berhasil meloklasir perambatan api. Setelah itu, pukul 19.40 WIB proses pemadam masuk ke tahap pendingan untuk mengurai material yang mudah terbakar agar tidak menyisakan api maupun asap. Dalam proses pemadaman ini, petugas dibantu oleh satu kapal nelayan milik salah satu petugas Pemadam Jakarta di wilayah Kepulauan Seribu.

Kepala Regu Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), di Pulau Karya, Budi Santoso memaparkan petugas sempat mengalami kesulitan saat memadamkan api karena ombak yang tinggi dan arus yang deras. Selain itu, Ia juga memaparkan kapal KM Azzimut 80 ini memiliki panjang dua puluh meter dan lebar empat meter sehingga ada kesulitan tersendiri saat melakukan pemadaman api.

Namun, setelah mengerahkan sebanyak 2 unit dan 15 personel, pukul 20.55 WIB api berhasil dipadamkan. Budi Santoso menyampaikan terkait dugaan terjadinya kebakaran karena adanya kerusakan pada bagian mesin kapal. Dalam kejadian ini, Ia menyampaikan tidak terdapat korban jiwa. “Saat terjadi kebakaran seluruh awak kapal berhasil menyelamatkan diri,” pungkasnya.