HUT Ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Profesional, Rakyat Terlindungi

Pemadam Kebakaran Indonesia tepat berusia 105 tahun. Pada HUT Ke-105 Pemadam Kebakaran, mengusung tema “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Profesional, Rakyat Terlindungi”.

Pemadam Kebakaran Indonesia tepat berusia 105 tahun. Pada HUT Ke-105 Pemadam Kebakaran, mengusung tema “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Profesional, Rakyat Terlindungi”.


1 Maret 2024, Pemadam Kebakaran Indonesia tepat berusia 105 tahun. Pada HUT Ke-105 Pemadam Kebakaran, mengusung tema “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Profesional, Rakyat Terlindungi”. Di dalam tema tersebut terkandung semangat untuk membentuk pemadam kebakaran sebagai sebuah perangkat daerah yang profesional, modern, dan terlatih. Tema tersebut juga dipilih karena sejalan dengan visi dan misi pemerintah, yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui penciptaan rasa aman dengan memberikan perlindungan dari ancaman kebakaran dan kondisi membahayakan manusia.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan menyampaikan Pemadam Kebakaran memiliki sejarah yang panjang dengan nomenklatur yang silih berganti, namun Pemadam Kebakaran tetap setia melindungi masyarakat. Ia juga menambahkan, tugas pemadam kebakaran saat ini terus berkembang, tidak hanya di bidang kebakaran saja. “Namun lebih luas lagi, Pemadam Kebakaran juga terlibat aktif dalam berbagai upaya penyelamatan dan tugas-tugas kemanusiaan lainnya,” ungkapnya.

Untuk itu, Satriadi Gunawan mengatakan, dibutuhkan profesionalitas dalam mengemban tugas pemadam kebakaran. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan profesionalitas ialah membekali keterampilan dan keahlian melalui berbagai pengembangan kompetensi untuk meningkatkan kapasitas petugas pemadam kebakaran. “Tidak ada pemadam kebakaran yang hebat, yang ada adalah pemadam kebakaran yang terlatih,” ujar Satriadi. Selain itu, Satriadi Gunawan juga menyampaikan untuk menuju pemadam kebakaran yang professional, Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta mendorong modernisasi sarana prasarana yang menunjang kinerja pemadam kebakaran.

Pada kesempatan ini, Satriadi Gunawan, mengapresiasi kinerja yang telah dilakukan petugas Pemadam Kebakaran yang menjadi barisan terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap masyarakat dalam kondisi kedaruratan. Petugas Pemadam Kebakaran juga selalu mengedepankan kesiapsiagaan selama 24 jam tanpa mengenal hari libur, selalu berupaya memberikan pertolongan dengan response time 15 menit, bekerja dengan mempertaruhkan keselamatan jiwa, dan berusaha menyelesaikan tugas secara paripurna dengan memegang teguh motto “Pantang Pulang Sebelum Padam walaupun Nyawa Taruhannya”.

Terakhir, Satriadi Gunawan mengucapkan Selamat Ulang Tahun Ke-105 kepada seluruh Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di seluruh Indonesia. “Terus tingkatkan pengabdian dengan cara memberikan pelayanan dan perlindungan kepada seluruh masyarakat,” pungkas Satriadi Gunawan.


Hubungan Masyarakat
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Laman: pemadam.jakarta.go.id
Twitter: twitter.com/humasjakfire
Instagram: instagram.com/humasjakfire
Facebook: facebook.com/pemadamjkt
Youtube: Pemadam Jakarta