Lomba Ketahanan Pangan, Keindahan, Kebersihan, dan Keamanan Tahun 2024

Dalam rangka merayakan HUT Ke-105 tahun Pemadam Kebakaran Indonesia, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta menggelar Lomba Ketahanan Pangan, Keindahan, Kebersihan, dan Kemananan

1 Maret 2024—Dalam rangka merayakan HUT Ke-105 tahun Pemadam Kebakaran Indonesia, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta menggelar Lomba Ketahanan Pangan, Keindahan, Kebersihan, dan Kemananan Tahun 2024 di lingkungan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta. Rangkaian penilaian lomba telah dilaksanakan pada tanggal 19—21 Februari 2024, serta pra-penilaian juga telah dilakukan sebelumnya, yakni pada 25—26 Januari 2024.

Perlombaan Ketahanan Pangan, Keindahan, Kebersihan, dan Kemananan Tahun 2024 dilaksanakan sebagai upaya nyata Dinas Gulkarmat DKI Jakarta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di lingkup asrama dan rusun pemadam kebakaran tentang pentingnya ketahanan pangan, keindahan, kebersihan, dan keamanan lingkungan. Selain itu, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memotivasi dan mendorong inovasi dalam memajukan wilayang masing-masing. Adapun kriteria yang dinilai dalam perlombaan kali ini, yaitu keindahan, kebersihan, keamanan, tanaman buah dan sayur, budi daya ikan konsumsi, dan tanaman toga. Peserta lomba berasal dari lima wilayah, yakni Asrama Pemadam Kebakaran Jagakarsa; Asrama Pemadam Kebakaran Joglo; Asrama Pemadam Kebakaran Semper; Rusun Pemadam Kebakaran Ciracas; dan Rusun Pemadam Kebakaran Pegadungan.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan dalam arahannya mengatakan bahwa yang terpenting dari penyelenggaraan kegiatan adalah program yang berkelanjutan. “Jadi tidak hanya pada saat penilaian lomba ini saja, tetapi bagaimana program ini manfaatnya bisa dirasakan oleh penghuni atau masyarakat di sekitarnya,” tutur Satriadi. Kemudian, Ia berharap dengan diadakannya kegiatan ini tentu akan tercipta lingkungan yang bersih, aman, dan nyaman, sehingga akan meningkatkan kinerja dan semangat petugas Pemadam Jakarta untuk memberikan pelayanan prima.

Senada dengan itu, Mala Satriadi selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta juga mengungkapkan dengan diadakan lomba ini yang melibatkan DWP. “Kami merasa senang dan semangat untuk giat mempersiapkan dan melaksanakan lomba. Menanam kebutuhan pangan bersama-sama, membersihkan dan merapikan lingkungan, serta bahu-membahu menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman untuk dihuni,” ungkapnya. Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Sarana Operasi, Muslim Suseno selaku ketua panitia dalam perlombaan juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah kedua kalinya diadakan, sebelumnya pada tahun 2019. “Melihat antusias dan keaktifan dari para penghuni, ke depan program ini akan terus dilanjutkan,” tuturnya.

Setalah proses penilaian yang ketat, pemenang Lomba Ketahanan Pangan, Keindahan, Kebersihan, dan Keamanan Tahun 2024 sebagai berikut

  • Juara I: Asrama Pemadam Kebakaran Jagakarsa;
  • Juara II: Asrama Pemadam Kebakaran Joglo;
  • Juara III: Rusun Pemadam Kebakaran Pegadungan;
  • Juara Harapan I: Rusun Pemadam Kebakaran Ciracas; dan
  • Juara Harapan II: Asrama Pemadam Kebakaran Semper.

Keberhasilan para pemenang tidak hanya merupakan prestasi bagi mereka sendiri, tetapi juga sebuah dorongan bagi semua pihak untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam membangun lingkungan yang memiliki ketahanan pangan yang kuat, indah, bersih, dan aman untuk dihuni. Terciptanya lingkungan yang bersih, aman, dan nyaman menjadi pemicu semangat bagi para petugas Pemadam Jakarta dalam berkinerja melayani warga Jakarta.

Hubungan Masyarakat
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Laman: pemadam.jakarta.go.id
Twitter: twitter.com/humasjakfire
Instagram: instagram.com/humasjakfire
Facebook: facebook.com/pemadamjkt
Youtube: Pemadam Jakarta