Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Resmikan Pos Pemadam Kebakaran dan Hidran Mandiri di Sunter Jaya, Jakarta Utara

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta meresmikan Pos Pemadam Kebakaran dan Hidran Mandiri di Jalan Telaga Raya RT.05/RW.05, Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

(Senin, 26 Februari 2024)—Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta penyediaan alat proteksi kebakaran di lingkungan padat penduduk, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta meresmikan Pos Pemadam Kebakaran dan Hidran Mandiri di Jalan Telaga Raya RT.05/RW.05, Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Adapun dalam Pos Pemadam Kebakaran ini dilengkapi dengan dua light pressure unit.

Kegiatan tersebut diresmikan secara langsung oleh Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, dan dihadiri oleh Camat Kelurahan Tanjung Priok, Lurah Sunter Jaya, jajaran Suku Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta, Babinsa Kelurahan Sunter Jaya, Bhabinkamtibmas Kelurahan Sunter Jaya, serta Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) Kelurahan Sunter Jaya.

Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan dalam arahannya menyampaikan pembangunan Pos Pemadam Kebakaran dan Hidran Mandiri di Kelurahan Sunter Jaya merupakan salah satu upaya pemberdayaan masyarakarat. Ia melanjutkan, melihat situasi di Jakarta, banyaknya gang sempit menyebabkan sulitnya akses mobil pemadam kebakaran, untuk itu dibutuhkan peran serta masyarakat untuk melakukan penanganan api dini. “Masyarakat nantinya akan dilatih untuk mengunakan alat proteksi kebakaran tersebut, supaya ketika terjadi kebakaran dapat meminimalisir korban jiwa dan harta benda,” ungkapnya.

Satriadi berharap alat proteksi kebakaran yang sudah disediakan oleh Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta ini bisa dirawat dan dijaga, sehingga ketika dibutuhkan dapat digunakan semaksimal mungkin.

Senada dengan Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satgas Gulkarmat Keluarahan Sunter Jaya, Rangga Riswanto, menyampaikan akan melakukan pelatihan rutin kepada Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) di Kelurahan Sunter Jaya. “Khususnya untuk mengoperasikan sarana dan prasarana yang ada pada unit, Pos Pemadam Kebakaran, dan rumah pompa hidran mandiri. Harapannya masyarakat mampu mencegah dan meminimalisir risiko kebakaran di lingkungan Sunter Jaya,” pungkasnya. (UM)