Evakuasi Pelepasan Borgol pada Tangan Dua Siswi Sekolah Menengah Pertama di Cibubur, Jakarta Timur

Kejadian dimulai saat kedua siswi yang akan mengikuti ujian praktik diminta membawa properti sesuai dengan cita-cita mereka

(Kamis, 22 Februari 2024)—Petugas penyelamat melakukan evakuasi pelepasan borgol yang terkunci pada tangan dua siswi berusia 13 tahun. Kejadian berlokasi di sekolah menangah pertama di Jalan Abdurrahman, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Kronologis kejadian dimulai saat kedua siswi yang akan mengikuti ujian praktik diminta membawa properti sesuai dengan cita-cita mereka. Kemudian, salah seorang siswi ada yang membawa borgol milik orang tuanya. Saat pelajaran berakhir, borgol tersebut dimainkan dan dipasang pada tangan kedua siswi tersebut. Namun, ketika hendak dibuka, kunci tersebut patah, sehingga tidak bisa dibuka. Guru yang mengetahui situasi tersebut, kemudian segera menghubungi Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administasi Jakarta Timur untuk meminta bantuan.

Merespons panggilan tersebut, petugas penyelamat segera meluncur ke lokasi kejadian dengan menerjunkan 1 unit light rescue dan 3 personel. Operasi penyelamatan dilakukan pada pukul 08.22 WIB hingga pukul 09.30 WIB. Kemudian, borgol berhasil dibuka dari kedua tangan siswi tersebut tanpa cedera. Tindakan yang dilakukan dengan cepat dan efisien ini memastikan keselamatan kedua siswi yang terjebak dalam situasi yang tidak terduga tersebut.

Kejadian ini mengingatkan kita akan pentingnya kesadaran akan keselamatan dalam menggunakan properti atau peralatan apa pun, terutama di lingkungan sekolah. Hal ini juga menunjukkan pentingnya kerja sama antara sekolah dan pihak berwenang dalam menangani situasi darurat. Diharapkan kejadian serupa tidak terulang di masa depan, dan upaya preventif serta kesigaan dalam menanggapi kejadian darurat terus ditingkatkan. (IA/ZA)