Si Jago Merah Lahap Bangunan Kios Pasar Mobil Kemayoran

Terjadi Kebakaran di Jalan Industri Raya No. 17, RW. 10, Kelurahan Kemayoran, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat (titik kenal Pasar Mobil Kemayoran) pada Selasa (23/01).

Terjadi Kebakaran di Jalan Industri Raya No. 17, RW. 10, Kelurahan Kemayoran, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat (titik kenal Pasar Mobil Kemayoran) pada Selasa (23/01). Warga yang melihat kejadian tersebut segera menghubungi Pemadam Jakarta untuk membantu operasi pemadaman kebakaran.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Pemadam Jakarta segera mengerahkan 33 unit gabungan yang terdiri dari 28 unit Jakarta Pusat, 4 unit Jakarta Utara, dan 1 unit Dinas Gulkarmat, serta 132 personel. Proses pemadaman berlangsung mulai pukul 23.57 WIB (23/01), petugas berusaha untuk melokalisir perambatan api pada bangunan kios tersebut. Kemudian api berhasil dilokalisir pukul 00.47 WIB (24/01). Selanjutnya, proses pemadaman masuk ke tahap pendinginan untuk untuk mengurai material yang mudah terbakar agar tidak menyisakan api ataupun asap.

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Pusat, Ahmad Syaiful Kahfi, menyampaikan sumber air yang jauh dan akses jalan yang tidak memadai membuat petugas kesulitan untuk memadamkan api. “Banyaknya material berbahan kimia yang mudah terbakar juga membuat api sulit dipadamkan. Akhirnya petugas menggunakan alat pemadam berbahan foam untuk memadamkan api,” ujarnya.

Operasi pemadaman kebakaran dinyatakan selesai pukul 02.35 WIB (24/01). Setelah dinyatakan padam, tim investigasi dari Laboratorium Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta berkerja sama dengan pihak yang berwajib melakukan investigasi terkait dugaan penyebab kebakaran.

Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta mengimbau kepada masyarakat selalu mengecek instalasi listrik dan menggunakan peralatan listrik yang sesuai standar. Jika terjadi situasi darurat, segera menghubungi Jakarta Siaga 112 atau melalui Aplikasi JAKI, gratis tanpa dipungut biaya. Pemadam Jakarta siaga 24 jam untuk Anda.