Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2023

Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2023 Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta Raih Predikat Sangat Baik

Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2023 Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta Raih Predikat Sangat Baik


Sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk perbaikan pelayanan publik, Dinas Komunikasi dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta merilis hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta. Adapun survei ini dilakukan untuk mengukur pelayanan yang telah diberikan oleh Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta selama 1 tahun. Survei dilakukan kepada pengguna layanan selama tahun 2023 yang dibagi menjadi empat triwulan dengan skala penilaian 1—100 poin.

Berdasarkan rilis tersebut, SKM eksternal yang diperloleh Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, pada triwulan I adalah 90,07 (Sangat Baik), pada triwulan II mengalami peningkatan menjadi 91,56 (Sangat Baik), kemudian di triwulan III mengalami penurunan menjadi 89,82 (Sangat Baik), dan triwulan IV meningkat menjadi 92,94 (Sangat Baik). Peningkatan secara keseluruhan penilaian SKM yang diperoleh Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta merupakan hasil evaluasi terhadap sembilan indikator indeks kepuasan masyarakat. Adapun sembilan indikator tersebut ialah, persyaratan, sistem mekanisme prosedur, waktu, biaya, produk spesifikasi pelayanan, kompetisi pelaksana, perilaku petugas, penanganan pengaduan, serta sarana dan prasarana.

Kemudian Diskominfotik Provinsi DKI Jakarta juga membagi SKM berdasarkan nilai kepuasan layanan yang diberikan oleh Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta yaitu pemadaman kebakaran, penyelamatan, dan pencegahan kebakaran. Berdasarkan ketiga layanan tersebut, pada triwulan IV nilai kepuasan masyarakat terhadap layanan pemadaman kebakaran sebesar 91,69, layanan penyelamatan sebesar 94,46, dan layanan sosialisasi/pencegahan kebakaran sebesar 89,32.

Hasil SKM tersebut akan dijadikan dasar untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan kepada masyarakat. Selain itu, Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengapresiasi kinerja yang telah diberikan. Hal tersebut menjadi motivasi untuk Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta untuk melayani masyarakat, khusunya Provinsi DKI Jakarta. (UM)