Pemadam Jakarta Mewakili Indonesia dalam Kompetisi Singapore Global Firefighters and Paramedics Challenge (SGFPC)

20 November 2023—Ke lima petugas pemadam Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta mendapat kesempatan untuk mewakili Indonesia dalam Singapore Global Firefighters and Paramedics Challenge (SGFPC) 2023 yang

20 November 2023—Ke lima petugas pemadam Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta mendapat kesempatan untuk mewakili Indonesia dalam Singapore Global Firefighters and Paramedics Challenge (SGFPC) 2023 yang


20 November 2023—Ke lima petugas pemadam Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta mendapat kesempatan untuk mewakili Indonesia dalam Singapore Global Firefighters and Paramedics Challenge (SGFPC) 2023 yang diselenggarakan oleh Singapore Civil Defence Force (SCDF). Ajang kompetisi tersebut dihelat pada tanggal 24—25 November 2023 di Singapore Expo Hall 3.

SGFPC merupakan kompetisi bagi para petugas pemadam kebakaran, penyelamat, dan paramedis dari seluruh dunia untuk menghadapi berbagai tantangan halang rintang. Pada tahun 2023, SGFPC diikuti sebanyak 14 negara, yakni Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, Australia, Luxembourg, Makau, India, Myanmar, Inggris, dan Hongkong.

Kepala Sektor Pasar Minggu, Suhudi selaku pembina sekaligus pelatih menuturkan bahwa kontingen telah berlatih dengan giat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan. Adapun persiapan yang dilakukan berupa pematapan materi yang akan ditandingkan, yaitu braveheart individual, brevaheart team, dan penanganan korban kecelakaan. Selain itu, persiapan fisik berupa lari maraton, pull up, sit up, push up, naik-turun tangga, dsb. juga telah dilakukan untuk melatih ketangguhan dan kebugaran para peserta. Dengan persiapan yang cukup, Suhudi optimis perwakilan Indonesia akan memperoleh gelar juara.

Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengapresiasi kontingen yang akan bertanding di SGFPC. Ia berpesan kepada peserta agar tetap semangat dan menjaga kesehatan. “Di pundak Anda ada nama baik petugas pemadam kebakaran Indonesia, jadi berikan yang terbaik dan optimalkan tugas ini,” ujar Satriadi. Kemudian, Ia juga menjelaskan bahwa kontingen yang dikirim merupakan petugas terbaik yang terpilih dari proses seleksi yang ketat. Kontingen yang dipilih sebagai perwakilan Indonesia untuk siap bertanding di ajang internasional ialah peserta yang menjuarai ajang Jakarta Fire Fighter Challenge (JFFC) 2023. Adapun ke lima peserta tersebut, yakni Andi Putra Erlambang; Dwi Wahyono; Budi Paryono; Thorikul Huda; Fadila Bunyamin. “Persiapan mengikuti SGFPC telah dilakukan sejak menyeleksi peserta di ajang JFFC. Proses ini bukan tiba-tiba, tetapi memang melalui proses yang membutuhkan waktu dan persiapan, karena para peserta diberikan pembekalan selama hampir satu bulan,” tuturnya.  Dalam akhir pernyataannya, Satriadi berharap semoga segala hal yang telah dipersiapkan dapat membuahkan hasil terbaik, para peserta pulang dalam keadaan sehat, dan membawa gelar juara ke Tanah Air Indonesia.

 

Hubungan Masyarakat
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Laman: pemadam.jakarta.go.id
Twitter: twitter.com/humasjakfire
Instagram: instagram.com/humasjakfire
Facebook: facebook.com/pemadamjkt
Youtube: Pemadam Jakarta