Bimtek Penyelamatan di Air Tingkatkan Kesiapsiagaan Petugas Hadapi Musim Hujan

Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan petugas menghadapi musim penghujan, Dinas Penanggulangan kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelamatan di Air atau Water Rescue

Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan petugas menghadapi musim penghujan, Dinas Penanggulangan kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelamatan di Air atau Water Rescue


(Kamis, 16 November 2023)–Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan petugas menghadapi musim penghujan, Dinas Penanggulangan kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelamatan di Air atau Water Rescue di Gelanggang Olahraga (GOR) Bahtera Jaya, Jakarta Utara.

Bimtek ini diikuti oleh 353 petugas operasional Dinas Gulkarmat dari lima wilayah di Jakarta yang berlangsung pada14—16 November 2023. Adapun dalam Bimtek Penyelamatan Pada Air atau Water Rescue, materi yang diberikan berupa prosedur penyelamatan seperti membuat rencana operasi, pembagian tugas pada anggota penyelamat, cara menggunakan perahu karet untuk evakuasi, teknik mendayung yang baik dan benar, serta prosedur teknis lainnya.

Kepala Bidang Operasi Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Suheri menyampaikan Bimtek ini dilaksanakan untuk mempersiapkan kemampuan petugas operasional dalam menggunakan perahu karet jika terjadi kondisi darurat untuk mengevakuasi korban saat banjir. “Saat ini Jakarta sudah akan memasuki musim penghujan, petugas operasional diharapkan dapat me-refresh kembali pengetahuan mengenai penyelamatan di air. Semoganantinya dapat lebih optimal dalam melayani masyarakat," ujarnya.

Pelatih Pusat Pendidikan dan Latihan Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Pusdiklatkar), Andri Priatmono, menyampaikan melalui Bimtek Penyelamatan di Air atau Water Rescue petugas operasional Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta diharapkan mampu mengoperasikan perahu karet secara manual (menggunakan motor tempel) atau pun dengan mendayung. “Petugas juga harus mampu menggunakan perahu karet sesuai dengan prosedur. Ketika terima informasi bencana khususnya banjir, petugas operasional sudah siap melaksanakan tugasnya untuk mengevakuasi korban,” tuturnya.

Sebagai langkah antisipasi, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk

  • tetap waspada terhadap perubahan cuaca mendadak;
  • berhati-hati saat berkendara dan hindari jalanan yang tergenang air;
  • hindari berenang atau bermain air di kali, sungai, atau tempat-tempat yang berarus deras;
  • hindari atau jauhi instalasi dan tiang listrik ketika hujan;
  • hindari berteduh di bawah pohon;
  • hindari bermain di tanah lapang ketika hujan deras; serta
  • Selalu ingat untuk mengutamakan keselamatan pribadi dan masyarakat di sekitar Anda selama musim penghujan.

Jika terjadi situasi darurat, segera menghubungi Jakarta Siaga 112 atau melalui Aplikasi Jakarta Kini (JAKI). Layanan Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta dapat diakses secara gratis dan selalu siaga 24 jam. (um)