Webinar “Pencegahan Kebakaran Kendaraan Listrik dan Pemadaman Menggunakan Liquid Foam”

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta menggelar webinar dengan tema “Pencegahan Kebakaran Kendaraan Listrik dan Pemadaman Menggunakan Liquid Foam” pada Kamis, 2 November 2023. Kegiatan ter

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta menggelar webinar dengan tema “Pencegahan Kebakaran Kendaraan Listrik dan Pemadaman Menggunakan Liquid Foam” pada Kamis, 2 November 2023. Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk mempelajari pentingnya penanganan risiko kebakaran akibat kendaraan listrik atau electric vehicle (EV), cara pencegahan dan pemadaman, serta regulasi dari industri produsen. Webinar yang diikuti oleh sebanyak 1000 perserta ini menghadirkan narasumber antara lain, Silvio Lanzas selaku Fire Chief Glendale California Chief of Operations M-Fire Technologies (USA) dan Randall Hart selaku President M-Fire Technologies (USA).

 

Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengatakan bahwa saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat dan telah membawa perubahan yang signifikan, salah satunya adalah semakin banyaknya kendaraan mobil atau motor listrik di Indonesia. "Kendaraan listrik ini adalah sebuah inovasi yang luar biasa, namun jika dilihat dari sudut pandang fire safety tentunya hal ini memberikan juga tantangan ke depan yang tidak mudah," kata Satriadi.Satriadi juga menuturkan tidak hanya perihal baterainya saja, tetapi juga pada komponen-komponen keturunannya di antaranya, sarana charging di gedung atau bangunan, sarana parkir kendaraan listrik, sarana pergudangan penyimpanan kendaraan listrik, aspek pencegahan, serta menghindari kebakaran pada baterai tersebut. Selain itu, metode pemadaman yang efektif dan tepat pada kendaraan listrik dan lain sebagainya. 

 

Sementara itu, Fire Chief Glendale California Chief of Operations M-Fire Technologies (USA), Silvio Lanzas mengatakan bahwa api dari baterai lithium-ion harus dipadamkan dengan air dalam jumlah banyak. Penggunaan air harus dilanjutkan hingga kondisi tidak aktif, yaitu ketika tidak ada lagi api, gas, atau asap yang keluar dari baterai atau perangkat mobilitas. "Baterai lithium-ion yang terlibat dalam kebakaran, ditemukan di dalam area kebakaran, atau terkena suhu tinggi harus dipindahkan dari area tempat anggota akan beroperasi," ucap Silvio. President M-Fire Technologies (USA), Randal Hart menambahkan bahwa bahaya dari kebakaran lithium baterai harus terlindung dari petugas pemadam kebakaran dengan menggunakan alat pelindung diri dan jangan menghadapi langsung karena sangat berbahaya. "Gas hasil pembakaran sangat berbahaya karena beracun," kata Randal.