Giat Penyiraman Jalan Protokol Ibu Kota Jakarta

Guna menekan suhu panas dan meminimalisir permasalahan kualitas udara yang belakangan melanda Ibu Kota Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta, Dinas

Guna menekan suhu panas dan meminimalisir permasalahan kualitas udara yang belakangan melanda Ibu Kota Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta, Dinas


Jumat, 25 Agustus 2023 – Guna menekan suhu panas dan meminimalisir permasalahan kualitas udara yang belakangan melanda Ibu Kota Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Polda Metro Jaya berkolaborasi untuk melakukan giat penyiraman jalan protokol Kota Jakarta. Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2023 tentang Pengendalian Pencemaran Udara pada Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta melakukan giat penyiraman jalan protokol Ibu Kota Jakarta, pada Jumat, 25 Agustus 2023. Kegiatan tersebut terbagi menjadi dua sesi, yakni sesi I pukul 10.00 dan sesi II pukul 14.00. Adapun sejumlah titik lokasi yang menjadi sasaran dalam giat kali ini, yaitu: (1) Medan Merdeka Barat (Silang monas Barat Laut ) s.d. Patung Pemuda; (2) Patung Pemuda s.d. Medan Merdeka Barat (Silang monas Barat Laut); (3) Slipi (Paninsula) s.d. Cawang (UKI); dan (4) Cawang (UKI) s.d. Slipi (Paninsula). Penetapan kawasan-kawasan tersebut merujuk pada Indeks Kualitas Udara (IQ Air). Dalam agenda tersebut, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta mengerahkan 12 unit dan 60 personel.

Kegiatan penyiraman jalan protokol Jakarta, selain bertujuan untuk menekan suhu panas dan meminimalir permasalahan kualitas udara, juga bertujuan untuk membersihkan debu akibat kemarau ekstrem di kota Jakarta. Adapun pasokan air yang dipakai untuk kegiatan penyiraman ini berasal dari hasil penyulingan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Setiabudi. Penyiraman jalan protokol Ibu Kota Jakarta ke depan akan terus dilakukan oleh Dinas Gulkarmat DKI Jakarta bersama petugas gabungan lainnya sebagai bentuk upaya pemerintah untuk menciptakan kota Jakarta menjadi lebih sejuk, bersih, dan sehat.

Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, dalam arahannya menyampaikan, selain penyiraman jalan protokol kota Jakarta, beliau juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan. Hal tersebut, selain memperburuk kondisi lingkungan, juga berpotensi menyebabkan kebakaran di tengah situasi kemarau ekstrem. “Program preventif atau pencegahan kebakaran perlu menjadi perhatian untuk mengantisipasi bahaya kebakaran di musim kemarau ekstrem,” pungkas Satriadi.

Hubungan Masyarakat
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Laman: pemadam.jakarta.go.id
Twitter: twitter.com/humasjakfire
Instagram: instagram.com/humasjakfire
Facebook: facebook.com/pemadamjkt
Youtube: Pemadam Jakarta