Jakarta Fire Fighter Challenge (JFFC) 2023

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Jakarta Fire Fighter Challenge (JFFC) Tahun 2023.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Jakarta Fire Fighter Challenge (JFFC) Tahun 2023.


Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Provinsi DKI Jakarta dan HUT ke-78 Republik Indonesia, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Jakarta Fire Fighter Challenge (JFFC) Tahun 2023. JFFC 2023 merupakan skill kompetisi antarsektor di lingkungan Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta yang memiliki dua jenis perlombaan, yaitu Hose Laying dan Braveheart. Perlombaan Hose Laying akan dilaksanakan mulai tanggal 7—10 Agustus 2023, sedangkan Braveheart dimulai pada 14—15 Agustus 2023. Adapun kegiatan ini dilaksanakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Jalan Raya Ciracas No. 113, Kel. Ciracas, Jakarta Timur.

JFFC tahun ini mengangkat tema "Membara dalam Aksi, Mengabdi untuk Negeri". Tema tersebut dipilih karena melalui kegiatan ini, Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta berharap dapat mewujudkan pemadam kebakaran yang profesional dan andal dalam rangka mendukung sukses Jakarta untuk Indonesia. Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan menyampaikan, pada perlombaan ini sebanyak 44 sektor dan 5 seksi operasi dari Suku Dinas Gulkarmat se-DKI Jakarta akan berkompetisi memperebutkan juara umum di tingkat provinsi. Ia berharap melalui kegiatan ini, seluruh petugas Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi untuk melaksanakan tugas pemadaman kebakaran dan penyelamatan.

Pada Senin, 7 Agustus 2023, Asisten Pemerintah (Aspem) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko yang pada kesempatan ini mewakili Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono secara resmi membuka kegiatan JFFC 2023. Dalam arahannya, Ia menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, karena dengan diselenggarakannya kegiatan ini tentu akan menciptakan iklim kompetisi untuk meningkatkan kemampuan para petugas pemadam kebakaran. “Hal yang lebih penting adalah bagaimana memelihara soliditas, solidaritas, dan jiwa korsa petugas Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta,” ujar Sigit dihadapan awak media. Selain itu, Ia berharap semoga seluruh peserta dapat menghormati jalannya pertandingan, serta wasit dan juri dapat memimpin dan memastikan setiap penilaian berlangsung dengan jujur dan adil, sehingga siapa pun yang akan menjadi pemenang ialah yang terbaik dari yang terbaik dari Provinsi DKI Jakarta,” ungkapnya. Pada akhir arahannya, Sigit juga mengungkapkan rasa bahagianya karena dapat hadir langsung pada kompetisi JFFC bersama para kontigen, panitia, dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta yang turut memeriahkan acara ini. Ia menyampaikan sejatinya motto Dinas Gulakrmat Provinsi DKI Jakarta, “Pantang Pulang Sebelum Api Padam” membutuhkan dukungan dan doa dari para istri dan anak-anak yang menunggu ayahnya menyelesaikan tugas pemadaman dan penyelamatan dengan baik. “Jadi saya sangat bahagia melihat ibuibu DWP yang sangat antusias memeriahkan acara ini,” pungkasnya.

Setelah diselenggarkannya apel dan pembukaan acara secara resmi, terdapat tujuh sektor yang bertanding dalam kompetisi Hose Laying pada (7/8), yaitu Sektor Cipayung, Gambir, Cilandak, Senen, Makasar, Pasar Rebo, Cilincing, Menteng, dan Tambora. Tidak hanya diisi dengan perlombaan, dalam kegiatan tersebut Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) membuka layanan donor darah untuk para pengunjung. Selain itu, JFFC 2023 juga dimeriahkan dengan Bazar Jakarta Enterpreneur yang mendukung UMKM warga Jakarta yang menjual aneka makanan, minuman, pakaian, dan lain-lain. Kemudian, terdapat acara hiburan berupa penampilan live music dari Fire Band, Silent No Gold, dan The Pumpvee yang merupakan band kenamaan di Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta.