Pameran Jakarta Tangguh 2023

Senin (19 Juni 2023) Pameran Jakarta Tangguh 2023 diselenggarakan di Pintu Malaka Sari, Banjir Kanal Timur (BKT), Kel. Pondok Bambu, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur. Dalam acara ini BPBD) Provinsi

Senin (19 Juni 2023) Pameran Jakarta Tangguh 2023 diselenggarakan di Pintu Malaka Sari, Banjir Kanal Timur (BKT), Kel. Pondok Bambu, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur. Dalam acara ini BPBD) Provinsi DKI Jakarta, berkolaborasi dengan OPD dan BUMD Provinsi DKI Jakarta. Seperti Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Satpol PP, PK3D Dinas Kesehatan, PMII DKI Jakarta, BASARNAS dan lainnya. (18/6).


Pada Pameran ini (18/6) juga dihadiri oleh Muhammad Anwar, selaku Wali Kota Kota Adm. Jakarta Timur dan Fahira Idris, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia. Selain itu, hadir pula Plh. Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Sugeng Wiyono dan Kepala Suku Dinas Gulkarmat Kota Adm. Jakarta Timur, Muchtar Zakaria. Adapun, pameran ini merupakan salah satu acara untuk memeriahkan HUT Jakarta ke-496, pada 22 Juni 2023 mendatang.


Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji dalam pembukaan Pameran Jakarta Tangguh 2023, membacakan sambutan Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menyampaikan, pameran kebencanaan ini merupakan ajang untuk berbagi informasi pembelajaran bagaimana upaya mengurangi risiko bencana yang melibatkan seluruh pelaku atau penggiat kebencanaan. “Baik dari pemerintah, organisasi non pemerintah, komunitas, akademisi, hingga lembaga usaha,” ujarnya Minggu (18/6).


Dalam pameran ini, juga menampilkan sarana dan prasarana penanggulangan bencana, talkshow kebencanaan, 42 stand kebencanaan dan UMKM, simulasi bencana penyelamatan air (watter rescue), fying fox, pemadaman kebakaran di gedung bertingkat, dan penyelamatan vertikal dari atas gedung.


Untuk itu, tema yang dipilih dalam Pameran Jakarta Tangguh 2023 adalah Ketangguhan Bersama Jakarta dalam Menghadapi Bencana. “Tema ini menyiratkan bahwa Jakarta, untuk menjadi kota tangguh bencana harus dilaksanakan oleh semua komponen dengan merangkul kekuatan dan potensi yang ada di masyarakat,” ungkap Isnawa Adji.


Terakhir, Isnawa Adji menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah yang sudah membantu kegiatan Pameran Jakarta Tangguh 2023. (18/6).